Salam Anak Nias "Ya'ahowu..!"

Selamat Datang di Blog Sederhanaku ini.

Kamis, 26 April 2012

Membuat Video Clip Music Dengan Menggunakan ULEAD VIDEO STUDIO


Di dalam tulisan lain saya pernah membahas tentang mengedit video dengan menggunakan Windows Movie Maker yang hasil akhirnya hanya lumayan saja. Tapi bagi anda yang kurang puas dengan program tersebut anda bisa mengedit video anda dengan menggunakan ULEAD VIDEO STUDIO. Untuk saat ini saya memakai yang versi 10. Tapi untuk memakai program ini dibutuhkan spesifikasi komputer yang agak bagus karena program ini membutuhkan memori yang besar apalagi jika dipakai untuk menggabungkan beberapa video menjadi satu video saja. But anyway Let’s begin !
- Buka program Ulead Video Studio yang sudah diinstall (Video Studio Editor).
- Ada beberapa bagian utama di bagian atas layar yaitu Capture, Edit, Effect, Overlay, Title, Audio dan Share.
- Pilih Yang Edit.
- Pada bagian Edit anda dapat melihat ada 3 bagian utama yaitu:
1. Storyboard View
Untuk melihat semua daftar video yang anda masukan ke dalam program ini secara Thumbnail (kelihatan besar besar). Pencet tombol ENLARGE untuk lebih memperbesar.
2. Time Line View
Bagian ini terdapat beberapa bagian yaitu :
a. Video Track (tempat memasukan video utama)
b. Overlay Track (tempat memasukan video lain untuk digabung menjadi 1 layar)
c. Title Track (tempat memasukan tulisan)
d. Voice Track (tempat memasukan suara berupa rekaman langsung)
e. Music Track (tempat memasukan suara berupa file musik dan sebagainya)
3. Audio View
Untuk merubah file suara
- Untuk tutorial ini silahkan pilih yang nomor 2 atau Time Line View.
- Masukan semua file dengan cara klick kanan pada Track Track yang tadi saya sebutkan.
- Untuk lebih jelasnya ikuti langkah langkah berikut ini:
- Masukan file video yang ingin diedit dengan cara klick kanan pada bagian track video. Lalu pilih INSERT VIDEO.
- Jika ingin menggabungkan 2 video atau lebih dalam 1 layar maka video yang kedua dan seterusnya diletakkan di Overlay Track. (Butuh Memory Besar).
- Anda dapat memotong video yang anda masukan untuk diambil bagian depan, tengah, belakang atau beberapa bagian saja dengan cara menekan tombol MARK IN pada bagian awal video yang akan dipotong lalu tekan tombol MARK OUT pada akhrir bagiannya. Setelah itu tekan tombol CUT CLIP maka video akan terpotong dan anda bisa membuang yang tidak perlu.
- Selanjutnya anda dapat menghilangkan suara asli dari video tersebut dengan cara menekan tombol MUTE.
- Masukan lagu yang anda inginkan ke dalam VOICE TRACK jika ingin merekam secara langsung atau masukan lagu ke dalam MUSIC TRACK jika ingin mengambilnya dari dalam komputer anda.
- Pilih Menu Effect untuk menambahkan effect tertentu.
- Pilih salah satu dari Transisi atau animasi perpindahan video dari video satu ke yang lainnya (jika ada banyak video clip) Lalu drag kearah video anda.
- Untuk menghapus transisi tadi tinggal dihapus dari Video Track (warnanya kuning).
- Untuk menambah Effect pada video pilih Video Filter pada menu Effect tadi. Lalu pilih Effect video yang disediakan beserta variasinya kemudian Tibankan atau Drag ke arah video anda.
- Jika ingin menghapus Effect tersebut dari video tekanlah tombol ”X” atau Delete yang ada pada bagian Attributte.
- Langkah selanjutnya adalah membuat tulisan. Pilih Menu Title untuk menambahkan Tulisan tertentu pada video anda.
- Pilih salah satu bentuk tulisan yang disediakan kemudian Tibankan atau Drag ke video anda.
- Gantilah tulisan asli dari tulisan yang ditibankan ke video tadi menjadi tulisan yang anda inginkan.
- Jika ingin menghapus tulisan tersebut dari video anda bisa langsung membuangnya dari Title Track.
- Setelah video selesai di edit pilihlah menu SHARE.
- disini ada beberapa pilihan untuk tahap penyelesaian yaitu:
1. Create Video File
(untuk menyimpan video tersebut ke dalam komputer beserta suaranya)
2. Create Sound File
(untuk menyimpan ke dalam komputer hanya musiknya saja)
3. Create Disc
(untuk menyimpan hasil video ke dalam CD)
4. Export To Mobile Device
(untuk memasukan video tersebut ke dalam Handphone)
5. Project Playback
(untuk menjalankan hasil video yang sudah anda edit)
6. DV Recording
(untuk merekam video anda ke DV)
7. Share Video Online
(untuk menyebarkan hasil video anda ke Internet)
- Pilih salah satu dari pilihan tersebut (lebih baik pilih yang CREATE VIDEO FILE). Maka video anda akan diproses lalu disimpan kedalam komputer dan siap untuk dipakai.

Cara menggunakan Video Ulead Video studio 11



Salah satu Software gratisan untuk edit video adalah Ulead Video studio 11, fitur nya cukup lumayan bagus, setelah ulead versi sebelumnya yaitu Ulead Video studio versi 8, dan versi Ulead Video studio 10 kini yang versi 11, lebih lengkap lagi. Pada artikel kali ini saya akan membahas bagaimana cara memulai menggunakan Ulead Video studio 11, hampir sama dengan versi sebelumnya ketika mulai menggunakan software ini ada tiga menu seperti terlihat pada gambar VideoStudio Editor, Movie Wizard, dan DV-to-DVD Wizard.
Jika akan melakukan editing video maka langkah pertama adalah memilih mode VideoStudio Editor kemudian akan tampak seperti


Kemudian klik browse video utnuk memasukan kedalam kelompok video editing Kemudian blok file video yang akan dimasukan ke dalam vdeo editing


Setelah itu akan tampak seperti gambar di bawah


Klik OK, maka video yang telah diambil akan masuk ke kelompok video.

Langkah selanjutnya silakan drag file video yang sudah masuk kedalam kelompok video tersebut ke timeline, kemudian silakan edit sesuka anda.
Sampai disini saja dulu artikel cara memasukan file video ke Ulead Video studio 11,

Minggu, 22 April 2012

Perbedaan GSM vs CDMA


Secara fisik antara handphone GSM dan CDMA tidak ada perbedaan yang mencolok bahkan kalau dilihat sekilas keduanya serupa. Yang membedakan adalah kartu yang dipakai atau operator sellular yang mengoperasikan kedua jenis jalur ini. Sebagai contoh operator yang bekerja di jalur keduanya yaitu operator CDMA antara lain :smart, flexi, esia, fren, starone, ceria, sedangkan operator GSM meliputi : simpati, as, XL bebas, XL jempol, mentari, im3, three dan masih ada yang lain. Untuk lebih jelas bisa ditanyakan ke counter-counter terdekat, karena hampir setiap tahun lahir penyelenggara operator yang baru dengan layanan yang beragam. Sedangkan penyelenggara operator yang lama menambah jenis layanan yang baru pula sehingga lebih kompetitif

Prinsip Kerja

Sebelum membahas lebih dalam mengenai teknologi GSM dan CDMA, ada baiknya jika Anda mengerti terlebih dahulu sistem pengiriman dan penerimaan data dalam jaringan digital, khususnya dalam dunia komunikasi. Semua data yang dikirim maupun diterima dalam jaringan ini harus dalam bentuk digital. Hal yang sama juga berlaku untuk suara yang dikeluarkan dan diterima oleh penelepon saat berkomunikasi. Suara yang dikirimkan oleh penelepon akan diterima oleh microphone pada ponsel. Selanjutnya, suara ini akan diubah menjadi bentuk digital dan dikirimkan melalui gelombang radio ke Base Transceiver Station (BTS) milik operator yang digunakan. BTS inilah yang menerima data dan ponsel yang digunakan tadi dan meneruskannya (switching) ke BTS tujuan. Dan BTS tujuan ini, data selanjutnya akan dikirimkan ke ponsel tujuan yang seharusnya menerima panggilan tersebut. Tentu saja, ponsel penerima akan mengubah data digital yang diterima menjadi bentuk suara agar bisa didengar oleh penerima. Prinsip umum ini berlaku pada semua sistem digital, baik GSM maupun CDMA. Namun, detail prinsip kerja dan kedua sistem digital tersebut tidaklah sama

GSM: GLobaL System for MobiLe Communications

GSM atau Global System for Mobile Communications merupakan teknologi digital yang bekerja dengan mengirimkan paket data berdasarkan waktu, atau yang lebih dikenal dengan istilah timeslot. GSM sendiri merupakan turunan dari teknologi Time Division Multiple Access (TDMA). Teknologi TDMA ini mengirimkan data berdasarkan satuan yang terbagi atas waktu, artinya sebuah paket data GSM akan dibagi menjadi beberapa time slot.
Timeslot inilah yang akan digunakan oleh pengguna jaringan GSM secara ternporer (sementara). Maksud dan digunakannya timeslot secara temporer adalah timeslot tersebut akan dimonopoli oleh pengguna selama mereka gunakan, terlepas dan mereka sedang aktif berbicara atau sedang idle (diam).
Gambaran yang lebih mudah untuk memahami prinsip kerja GSM. Analoginya seperti ini: andaikan sebuah armada taksi (dalam kasus ini berperan sebagai operator) yang memiliki 100 armada taksi (armada sebagai time slot). Armada taksi (timeslot) tersebut disewa oleh penumpang (pengguna). Secara otomatis, armada taksi tersebut tidak bisa digunakan oleh pengguna lain, walaupun bisa jadi pengguna tadi sedang tidak berada di dalam taksi (seperti sedang menunggu atau sedang bertamu ke suatu tempat sedangkan taksinya disuruh menunggu). Dalam posisi seperti ini, sudah jelas bahwa taksi itu sudah di-booking oleh pengguna pertama dan tidak mungkin melayani penumpang lain. Taksi tersebut baru bisa digunakan oleh penumpang lain ketika pengguna pertama sudah selesai menggunakan taksi tersebut (sudah sampai tujuan dan sudah dibayar). Inilah yang disebut prinsip monopoli temporer pada jaringan GSM.
Dari gambaran di atas terlihat jelas bahwa sistem GSM tidak mengizinkan penggunaan ponsel jika sistemnya sudah penuh (saat seluruh armada taksi sudah disewa, maka tidak ada lagi taksi kosong untuk disewa penumpang baru). Inilah yang membuat pengguna akan mendengar nada sibuk dari ponselnya saat hendak melakukan panggilan keluar (outgoing call). Namun, prinsip yang digunakan oleh GSM juga memiliki kelebihan. Teorinya, timeslot dedicated yang disediakan ini menjamin penggunanya bisa mendapatkan kualitas layanan komunikasi yang lebih konstan, tidak naik turun.
Kekurangannya adalah ketika jaringan GSM sudah penuh, maka pemilik ponsel biasanya akan mengalami kesulitan untuk melakukan panggilan atau bahkan menerima panggilan. Hal ini disebabkan oleh tidak adanya timeslot kosong yang bisa digunakan. Kembali ke analogi di awal pembahasan: jika semua armada taksi sudah disewa, Anda tidak akan mendapatkan taksi kosong.

CDMA: Code Division Multiple Access

Berbeda dengan teknologi GSM, teknologi CDMA tidak menggunakan satuan waktu, melainkan menggunakan sistem kode (coding). Prinsip ini sesuai dengan singkatan CDMA itu sendiri, yaitu Code Division Multiple Access. Jadi, sistem CDMA menggunakan kode-kode tertentu yang unik untuk mengatur setiap panggilan yang berlangsung. Kode yang unik ini juga akan mengeliminir kemungkinan terjadinya komunikasi silang atau bocor.
Seperti sudah dibahas di awal, CDMA tidak menggunakan satuan waktu seperti layaknya GSM/TDMA. ini menjadikan CDMA memiliki kapasitas jaringan yang lebih besar dibandingkan dengan jaringan GSM. Namun, hal ini tidak berarti jaringan CDMA akan lebih baik daripada jaringan GSM karena tetap ada batasan-batasan tertentu untuk kapasitas jaringan yang dimiliki oleh CDMA.
Seperti jaringan GSM, analogi yang sederhana untuk memudahkan Anda memahami prinsip kerja jaringan CDMA. Analoginya seperti ini: jika jaringan GSM diumpamakan sebagai armada taksi, maka jaringan CDMA bisa diumpamakan sebagai sebuah bus. Sebuah bus (diumpamakan sebagai frekuensi) bisa menangani banyak penumpang bus (pengguna yang melakukan panggilan). Hal ini dimungkinkan karena setiap penumpang menggunakan kode tertentu yang unik. Hal ini juga yang memungkinkan tidak terjadinya komunikasi silang atau bocor. Setiap penumpang bisa berbicara dan menentukan tujuannya tanpa takut terganggu ataupun mengganggu penumpang lain. Bus ini juga tidak akan dimonopoli oleh satu orang saja, sehingga setiap orang bisa menggunakan bus tersebut untuk mengantarkan mereka ke tempat tujuannya masing-masing.
Namun, seperti layaknya sebuah bus, jika sudah terlalu banyak penumpang maka jalannya semakin berat dan kenyamanan penumpang akan terganggu (isi dalam bus akan semakin sesak). Hal yang sama juga terjadi di jaringan CDMA yaitu jika jaringan sudah terlalu penuh, maka yang terjadi adalah penyusutan coverage area (ruang lingkup atau jangkauan) dan jaringan CDMA itu sendiri. Jika diumpamakan, semakin sesak isi bus maka ruang gerak setiap penumpang juga akan menyempit. Tidak jarang pula kualitas suara menjadi korban dan penuhnya jaringan CDMA.

Kesimputan: Tidak ada gading yang tidak retak

Sistem telepon selular berbasis digital, baik itu GSM maupun CDMA memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk area yang lebih padat penggunaannya, teknologi CDMA tampaknya lebih unggul untuk melayani banyak sambungan secara bersamaan. Hal ini disebabkan oleh karakteristik dan jaringan CDMA itu sendiri. Dengan menggunakan jaringan CDMA, sebuah daerah yang padat penggunaannya akan memiliki kemungkinan koneksi yang lebih tinggi, walaupun bisa jadi terjadi penurunan coverage area dan kualitas suara jika beban jaringan terlalu tinggi. Teknologi GSM pada intinya lebih sesuai untuk daerah yang tidak terlalu padat, namun sangat membutuhkan coverage area yang konstan. Selain itu, area perkotaan sekarang memiliki banyak gedung bertingkat. Karakter geografis seperti ini sangat berpotensi memperlemah sinyal sehingga coverage area semakin kecil.

sumber : http://ofajar88.wordpress.com/

Macam-Macam Peralatan Jaringan

Ada beberapa alat jaringan yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Saya akan membahas satu persatu alat jaringan yang sering digunakan. Artikel ini saya dapat dari suatu website tetapi saya lupa untuk men-tautkan alamatnya ke artikel ini.  Mari kita bahas satu-persatu peralatan jaringan tersebut.
Terminal
Terdapat lima jenis terminal dan keyboard adalah terminal yang umum dan paling populer.
  1. Terminal Keyboard adalah terminal input yang sangat populer  diantara pemakai komputer. User dapat menggunakan keyboard mengentri data, memberikan intruksi tertentu untuk menerbitkan laporan dsb.
  2. Terminal Telephone Tombol : komputer juga dapat dilengkapi dengan alat respon audio. Dapat mengirimkan pesan yang dapat didengar oleh pemakai di telephone tombol. Penekanan tombol digunakan untuk mengirimkan data dan intruksi ke komputer.
  3. Terminal Titik penjualan (point of sale) Kita juga dapat melihat bagaimana pembaca charakter optik digunakan pada pasar swalayan. Terminal ini menyediakan cara memasukan data transaksi ke dalam database pada saat penjuala (point of sale). Karena alasan tersebut terminal ini dinamakan terminal Point of sale (POS)
  4. Terminal Pengumpul Data. Suatau jenis khusus terminal dirancang untuk digunakan oleh pekerja pabrik. Alat yang dikenal sebagai terminal pengumpul data (data collection terminal)  digunakan untuk mengumpulkan data, menjelasakan kehadiran dan kinerja kerja pegawai. Alat OCR digunakan untuk membaca charakter dan dokument yang menyertai pekerjaan yang berjalan di dalam pabrik.
  5. Terminal khusus yaitu terminal yang dirancang khusus untuk keperlua tertentu seperti cash register  yang dilengkapi dengan tombol-tombol khusus. Satu tombol untuk satu jenis penjual
NIC (Network Interface Card)
Kartu jaringan atau Lan card dipasang pada setiap komputer yang akan dihubungkan ke suatu jaringan computer. Banyak jenis dan merk kartu jaringan yang tersedia di pasar, namun beberapa hal pokok yang perlu diketahui dari kartu jaringan yaitu type kartu ISA atau PCI dengan kecepatan 10 atau 10/100 Mbps, harus disesuaikan dengan tipe Ethernet HUB atau switching yang akan digunakan, jenis protocol dan jenis kabel yang didukungnya disamping itu juga mengesampingkan kwalitas produk. Komputer jenis terbaru tidak dilengkapi dengan slot ISA bahkan Network Interface umumnya merupakan Onboard system artinya sudah tersedia pada mainboard sehingga tidak perlu lagi dipasang Lan Card
Sesuai dengan besarnya tingkat kebutuhan akan jaringan komputer, sudah banyak mainboard komputer jenis terbaru dilengkapi kartu jaringan secara on board. Kwalitasnya bagus namun penulis berpendapat lebih baik menggunakan kartu jaringan yang terpisah. Salah satu keuntungannya adalah dapat memilih merk tertentu dan mudah diganti apabila terjadi kerusakan.
Hub atau Concentrator
Hub adalah perangkat jaringan yang terdiri dari banyak port untuk menghubungkan Node atau titik sehingga membentuk jaringan yang saling terhubung dalam topologi star. Jika jumlah port yang tersedia tidak cukup untuk menghubungkan semua komputer yang akan dihubungkan ke dalam satu jaringan dapat digunakan beberapa hub yang dihubungkan secara up-link.
Port yang tersedia biasanya sampai 8, 16, 24 atau lebih banyak sesuai kebutuhan Anda. Untuk kecepatan, Anda dapat menggunakan HUB 10 atau Switch 10/100. Sebaiknya menggunakan 10/100 karena dapat digunakan untuk jaringan berkecepatan maksimal 10 atau 100. Hub ada yang mendukung pemggunaan kabel coax yang menukung topologi BUS dan UTP yang mendukung topologi STAR. Namun type terbaru cenderung hanya menyediakan dukungan untuk penggunaan kabel UTP.
Konektor UTP (RJ-45)
Untuk menghubungkan kabel UTP diperlukan konektor RJ-45 atau sejenis jack yang bentuknya mirip dengan jack kabel telepon namun memiliki lebih banyak lubang kabel. Konektor tersebut dipasang di kedua ujung kabel dengan peralatan Tang khusus UTP. Namun jika belum bisa memasangnya, Anda dapat meminta sekaligus pemasang-an pada saat membeli kabel UTP
Kabel UTP
Ada beberapa jenis kabel yang digunakan dalam jaringan network, namun yang paling banyak dipakai pada private network/Local Area Network saat ini adalah kabel UTP.
Bridge
Bridge digunakan untuk menghubungan antar jaringan yang mempunyai protokol yang sama. Hasil akhirnya adalah jaringan logis tunggal. Bridge juga dapat digunakan jaringan yang mempunyai media fisik yang berbeda. Contoh jaringan yang menggunakan fiber obtik dengan jaringan yang menggunakan coacial.
Bridge mempelajari alamat tujuan lalulintas yang melewatinya dan mengarahkan ke tujuan. Juga digunakan untuk menyekat jaringan. Jika jaringan diperlambat dengan adanya lalulintas yang penuh maka jaringan dapat dibagi menjadi dua kesatuan yang lebih kecil.
Switch
Merupakan pengembangan dari konsep Bridge. Ada dua arsitektur dasar yang digunakan pada switch, yaitu cut-through dan store and forward. Switch cut-through mempunyai kelebihan di sisi kecepatan karena ketika sebuah paket datang, switch hanya memperhatikan alamat tujuan sebelum diteruskan ke segmen tijuannya, sedangkan switch store and forward merupakan kebalikannya. Switch ini menerima dan memeriksa seluruh isi paket sebelum meneruskannya ke tujuan dan untuk memeriksa satu paket merlukan waktu, tetapi proses ini memungkinkan switch mengetahui adanya kerusakan pada paket data dan mencegahnya agar tidak mengganggu jaringan.
Dengan Swith terdapat beberapa kelebihan karena semua segmen jaringan memiliki bandwidth 10 Mbps penuh. Tidak terbagi seperti share network pada penggunaan Hub.
Cluster Control Unit
Cluster Control Unit  membangun hubungan antara terminal yang dikendalikannya  dengan perlatan-peralatan dan jaringan. Alat ini memungkinkan beberapa terminal berbagi satu printer atau mengakses beberapa komputer melalui jaringan yang bebeda. Cluster Control Unit dapat pula mengerjakan pemeriksaan kesalahan dan pengubahan kode.
Multiplexer
Saat beberapa terminal harus berbagi satu saluran pada saat yang sama, multiplexer dapat ditambahkan pada tiap ujung. Multiplexer adalah suatu alat yang memungkinkan pengiriman dan penerimaan bebrpa pesan secara serentak. Penambahan multiplexer berdampak seperti mengubah jalan satu jalur menjadi jalur bebas hambatan dengan beberapa jalur.
Pengaturan nomor port dan protokol yang mengirim data pada modul sofware yang benar didalam host.
Front-end Processor
Front-end Processor menangani lalulintas Jaringan komputer yang masuk dan keluar dari host komputer. Kedua komputer tersebut dapat merupakan jenis apapun, tetapi configurasi yang umum terdiri dari sejenis komputer mini khusus yang berfungsi sebagai front-end processor dan sebuah mainframe yang menjadi host.
Front-end Processor berfungsi sebagai unit input dari host dengan mengumpuklkan pesan-pesan yang masuk dan menyiapkan data bagi host. Front-end Processor juga berfungsi sebagai unit output dari host dengan menerima pesan-pesan untuk transmisi ke terminal.
Walau kecepatan transmisi antara saluran dan front end Processor  relatif lambat ( dalam banyak kasus bit-bit ditransmisikan secara serial ) kecepatan tarnsmisi front-end processor dengan host dapat berlangsung secara cepat ( beberapa bit ditransmisikan secara paralel).
Sebagian front-end processor melakukan message switching dengan mengatur rute (routing) pesan dari suatu terminal ke yang lain tanpa melibatkan host. Jika karena suatu hal terminal penerima tidak dapat menerima pesan (mungkin sedangan digunakan atau rusak) front-end processor dapat menyimpan pesan tersebut dalam penyimpanan sekunder dan mengirimkannya nanti. Kemampuan ini disebut simpan dan teruskan (store and forward).
Host
Host mengerjakan pemrosesan data untuk jaringan . Pesan-pesan yang masuk ditangani dengan cara yang sama dengan data yang di terima dari unit unit jenis apapun. Setelah pemrosesan pesan dapat ditransmisikan kembali ke front-end processor untuk routing.
Router
Router tidak mempunyai kemampuan untuk mempelajari, namun dapat menentukan path (alur) data antara dua jaringan yang paling eficien. Router beroperasi pada lapisan Network (lapisan ketiga OSI.). Router tidak mempedulikan topologi dan tingkat acces yang digunakan oleh jaringan.  Karena ia beroperasi pada lapisan jaringan. Ia tidak dihalangi oleh media atau protokol komunikasi. Bridge mengetahui tujuan ahir paket data, Router hanya mengetahui dimana router berikutnya ditempatkan. Ia dapat digunakan untuk menghubungkan jaringan yang menggunakan protokol tingkat tinggi yang sama.
Jika paket data tiba pada router, ia menentukan rute yang terbaik bagi paket dengan mengadakan pengecekan pada tabel router. Ia hanya melihat hanya melihat paket yang dikirimkan kepadanya oleh router sebelumnya.
Brouter
Adalah yang menggabungkan teknologi bridge dan router. Bahkan secara tidak tepat seringkali disebut sebagai router multiprotokol. Walau pada kenyataannya ia lebih rumit dari pada apa yang disebut router multiprotokol yang sebenarnya.
Getway
Gateway dilengkapi dengan lapisan 6 atau 7 yang mendukung susunan protokol OSI. Ia adalah metode penyambungan jaringan ke jaringan dan jaringan ke host yang paling canggih. Gateway dapat digunakan untuk menghubungkan jaringan yang mempunyai arsitektur berbeda misalnya PC berdasarkan Novell dengan jaringan SNA atau Ethernet
Modem
Satu-satunya saat modem tidak diperlukan adalah saat telephone tombol digunakan sebagai terminal. Semua saluran jaringan komputer lain memerlukan modem pada tiap ujungnya. Modem dirancang untuk beroperasi pada kecepatan tertentu biasanya 300, 1200, 2400, 4800 atau 96000 bit per detik dan seterusnya kecepatan modem menentukan kecepatan transmisi data.
ADSL adalah type modem untuk penggunaan accses internet kecepatan tinggi. Umumnya modem ADSL merupakan integrasi  dari modem, firewall dan ethernet switch serta router dan mungkin juga dengan transiever. Modem ADSL bekerja pada frekwensi yang berbeda dengan  frekwensi yang digunakan dalam percakapan telephon sehingga saluran telephon dapat digunakan untuk percapapan bersamaan dengan penggunaan transmisi data melelalui modem ADSL.
Radio
Transmisi data juga dilakukan melalui frekwensi radio seperti yang digunalan pada jaringan perbankan, Travel, warnet. Peralatan ini masih dikuasai perusahaan penyedia layanan public (provider) seperti PT Lintas Artha, Indosat, Telkomsel. Fren. Untuk lingkup lebih kecil tersedia werless untuk pembuatan jaringan lokal tanpa kabel. Misalnya dengan Modem ADSL yang dilengkapi dengan werless router dapat digunakan untuk jaringngan lokal pada ruangan. Hanya saja kemampuan werles tidak dapat atau terganggu oleh partisi terutama partisi beton. sehingga tidak efektif digunakan untuk jaringgan lokal suatu perusahaan dimana client computer tersebar di dalam ruangan tertutup.

Rabu, 18 April 2012

Pengertian Virus, Logic Bomb, Trojan Horse, dan Worm

  1. Virus adalah sebuah program komputer yang memiliki kemampuan untuk mengcopy kode programnya pada program lain apabila program tersebut diaktifkan, serta memiliki kemampuan untuk mengambil alih kontrol terhadap komputer yang ditularinya atau melakukan perubahan atas program yang ada didalamnya.
  2. Logic Bomb, adalah program komputer yang berada dalam sebuah komputer yang akan aktif apabila beberapa kondisi terpenuhi (biasanya berkaitan dengan waktu; jam, tanggal, dsb).
  3. Trojan Horse, adalah sebuah program komputer yang dibalik fungsinya/kegunaan yang terlihat juga memiliki fungsi tambahan tersembunyi (sengaja disembunyikan oleh pembuatnya) yang akan mengeksploitasi komputer yang menggunakannya serta secara signifikan akan menurunkan tingkat keamanan komputer.
  4. Worm adalah sebuah program kecil yang memiliki rutin program untuk memperbanyak diri sendiri dan menularkan dirinya pada komputer-komputer dalam jaringan, serta memiliki kemampuan untuk melakukan hal-hal yang diinginkan oleh pembuat program, biasanya berupa pencurian informasi dari komputer yang ditularinya kemudian mengirimkannya pada alamat tertentu yang diinginkankan oleh pembuatnya melalui internet.

Mempercantik Dekstop tanpa Lebel Icon Shortcut di windows 7



Sebelum
Buat teman-teman yang ingin mencoba-coba alias nekat. Tidak ada salahnya untuk mencoba trik ini, yaitu mempercantik layar dektop anda tanpa lebel Shorcut di Icon program anda. Mau tau caranya ? ikuti langkah-langkah berikut ini : 

Cara Pertama  
  1. Tekan tombol LOGO WINDOWS pada keyboard + tombol R utk menjalankan RUN.
2
             ketik REGEDIT, klik OK.



3.           Masuk  ke : HKEY_CLASSES_ROOT\ piffile

    Ganti nama isi IsShortcut menjadi “turnoff” tanpa petik dua.
   Setelah itu masuk lagi ke : HKEY_CLASSES_ROOT\lnkfile
 
 
       Ganti nama isi IsShortcut menjadi “turnoff” tanpa petik dua. 
              Setelah itu tutup Regedit.
6.          Restart Computer. 
             Nah lihat hasilnya pasti ada yang berbeda dengan yang sebelumnya. Lihat gambar berikut.
Sesudah

       Cara Kedua
       Kalo kita mau gak repot ganti-ganti namanya keynya lakukan cara kedua ini. Dijamin cepat dan gak membuat waktu dibanding dengan cara pertama. Langkahnya sebagai berikut :
Cara kedua tidak jauh beda dengan cara pertama hanya :
  1. Tekan tombol LOGO WINDOWS pada keyboard + tombol R utk menjalankan RUN.
  2.  ketik REGEDIT, klik OK.
  3.  Masuk  ke : HKEY_CLASSES_ROOT\ piffile
  4. hapusIsShortcut(klik kanan pilih delete).
  5. Setelah itu masuk lagi ke : HKEY_CLASSES_ROOT\lnkfile
  6.  hapus IsShortcut (klik kanan pilih delete).
  7.  Setelah itu tutup Regedit.
  8.   Restart Computer.
Selamat mencoba. Salam sukses.
By. Frendiks Gulo

Senin, 16 April 2012

html Dasar dilengkapi dengan Latihan


HTML (Hiper Text MarkUp Language)
Adalah bahasa pemograntuk mengerjakan html yaitu :
  •  Notepad
  •  Notepad ++
  •  Dreamweper
Hal-hal yang dapat diperhatikan dalam html adalah
1.       File nama misalnya “coba.html” (harus diakhiri dengan extensi html)
2.       Save as tipe (memilih extensi data).
Syntax :
<html>
<head>
<title>Stament</title>
</body>
</html>

Perintah html :
<html>                 = tak pembuka
<head>                = kepala dari html
<body>                 = badan dari html yang di dalamnya berisi :
ð  Bgcolor =warna layar
ð  Background =gambar layar
<br>      =berfungsi untuk membuak berpindah ke baris bari atau sama dengan perintah Enter.
<p>        = membuat pragraf baru
<ul>       = membuat garis baru
Tempat yang digunakan untuk menjalankan perintah html :
ð  Internet Explorer
ð  Mozila forefox
ð  Opera mini

Laatihan 1 :
Tuliskan sintak berikut di dalam Notepad
<html>
                <head>
                <title>Pertemuan 1</title>
                </head>
<body bgcolor=green>
Selamat Datang Di STMIK BUDIDARMA MEDAN
</body>
</html>
Atau seperti gambar berikut : 
 
Kemudian simpan dengan nama file = pertemuan1.html
Cari nama file tersebut di Explorer dan klik dua kali.



Font
<font> = tulisan yang ada pada html yang di dalam terdiri dari
ð  Face = jenis tulisan
ð  Color =warna tulisan
ð  Size = ukurran tulisan
<u>        = membuat garis bawah pada tulisan
<i>         = membuat tulisan miring
<b>        = membuat tulisan tebal
<pre>   =membaut tulisan sama dengan tulisan mesin tik

Membuat teks berjalan
<marquee> Saya bisa</marquee>
Ukuran teks
<h1>Dia bisa, aku Juga bisa !</h1>
<h2>Dia bisa, aku Juga bisa !</h2>
<h3>Dia bisa, aku Juga bisa !</h3>
<h4>Dia bisa, aku Juga bisa !</h3>
<h5>Dia bisa, aku Juga bisa !</h5>
<h6>Dia bisa, aku Juga bisa !</h6>

Latihan 2
 Tulis perintah berikut ini di Notepad :
<html>
    <head><h2>Akhirnya aku bisa</h2>
    <title>Bisa...!</title>
    </head>
<body bgcolor=green>
   
    <b>Saya bisa Karena Belajar</b>
    <p>
    <ul>Saya bisa karena Belajar</ul>
   
    <u>Saya bisa karena Belajar</u>
    <p>
    <i>Saya bisa karena Belajar</i>
    <br>
    <pre>Saya bisa karena Belajar</pre>

<h1>Dia bisa, aku Juga bisa !</h1>
<h2>Dia bisa, aku Juga bisa !</h2>
<h3>Dia bisa, aku Juga bisa !</h3>
<h4>Dia bisa, aku Juga bisa !</h3>
<h5>Dia bisa, aku Juga bisa !</h5>
<h6>Dia bisa, aku Juga bisa !</h6>

    <marquee>Pengen Pintar Makannya belajar </marquee>
    <b>Selamat Datang</b> <u>Di Web Sederhanaku</i></u></marquee>
    <p>   


</body>
</html>



 atau seperti gambar berikut : 
Maka hasil nya sperti berikut ini ; 
Semoga bisa membantu teman2 semua. 

Cara Mengetahui IP Address Komputer







Mugkin kita bertanya-tanya bagaimana  ya cara mengetahui IP address yang sedang kita pakai saat mengakses internet di hotspot publik seperti mall, cafe, kantor pemerintah dan tempat-tempat lain yang menyediakan hotspot gratis
Cara Sebagai berikut, Untuk SO (sistem Operasi) :

  • Klik Start kemudian klik menu Run.

  • Ketik cmd kemudian tekan tombol Enter.


  • Setelah jendela Command prompt muncul, ketik ipconfig -all dan lanjutkan dengan menekan tombol Enter.
  • Selesai, anda bisa lihat berapa IP address yang sedang anda pakai. Pada contoh IP address perangkat tersebut adalah 192.168.2.25, subnet mask 255.255.255.0, gateway 192.168.2.7 dan menggunakan DNS server 192.168.2.7 dan 208.67.222.222 yang merupakan DNS publik milik OpenDNS.
2. Microsoft Windows 7
  • Klik tombol Start, pada bagian form Search ketik cmd dan kemudian tekan tombol Enter.

  • Sama seperti pada Windows XP, ketik ipconfig -all.

  • Selesai juga, lihat berapa IP address yang sedang anda pakai.
Penjelasan Singkat
  • IP (Internet Protocol) Address adalah deretan angka yang dipakai sebagai identifikasi komputer yang terhubung dengan jaringan (termasuk jaringan internet). Panjang angka ini adalah 32-bit untuk IPv4 (IP versi 4) dan 128-bit untuk IPv6 (IP versi 6).
  • Subnet Mask adalah pengelompokan jaringan yang membedakan ID jaringan yang menunjukkan letak dari suatu sistem-keluarga-jaringan, apakah berada di jaringan lokal atau di jaringan luar (jaringan terluar adalah jaringan internet itu sendiri).
  • Gateway adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan jarigan yang lain dengan alokasi protokol yang berbeda. Bisa dikatakan, perangkat ini adalah jembatan yang menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan luar yang lebih besar. Sebagai contoh, lingkungan jaringan HotSpot (lokal) terhubung dengan internet (jaringan luar yang lebih besar).
  • DNS (Domain Name System) adalah sebuah system yang menyimpan informasi tentang nama domain dari sebuah website atau domain yang berada di lingkungan jaringan, bisa jaringan lokal maupun jaringan luar. DNS merupakan faktor yang penting di internet karena menyediakan mengalamatkan IP Address dari sebuah nama domain.
Semoga bisa membantu.

Minggu, 15 April 2012

Cara Mengatasi Komputer Lama Loading


Hampir setiap orang pasti pernah mengalami keadaan seperti ini. Mungkin ini adalah hal lama, tapi apakah anda sudah tau cara mengatasinya? Jika belum silahkan tips berikut ini.
Untuk mengetahui mengapa komputer bekerja lambat, lemot, berat, maka kita perlu tahu program-program yang menggunakan memori yang besar. Cara mengeceknya dengan ‘Task Manager’.
Ctrl+Alt+Del >> Task Manager >> tab “Process”
Di sini dapat terlihat aplikasi yang memakan memori. Silahkan di-close/end process program-program yang tidak diperlukan.
Bersihkan harddisk dengan antivirus terupdate. Gunakan antivirus yang lokal maupun interlokal. Yang lokal bisa pake Smadav/PCMav, yang internasional bisa pake AVG/Avast/BitDefender.
Matikan Start-Up Application. StartUp Application adalah program-program yang berjalan otomatis ketika kita mulai menjalankan Windows. Cara untuk mematikannya:
“Start” >> “Program” >> “Startup”
Lalu Delete semua icon yang ada di folder StartUp
Ada banyak start-up program lain yang mungkin tidak terdeteksi di folder start-up. Untuk mematikan program-program ini, bisa memakai program bernama “Whats Running”. Cara menggunakannya ialah:
Jalankan aplikasi What’s Running >> Tab “Startup” >> uncheck semuanya
Untuk Windows 7:
Control Panel >> Performance Information & Tools (manfaatkan fitur search)>> Adjust Visual Effects
Di tab “Visual Effects”, pilih “Adjust for best performance”. Atau di list yang terdapat di bagian bawah, silahkan uncheck tampilan visual yang tidak diperlukan. Karena semakin banyak yang di-check, maka semakin banyak memori yang digunakan.
gunakan program “TuneUp Utilities”. Program ini dapat menyelesaikan almost semua masalah penyebab komputer lambat (termasuk menggunakan solusi-solusi #1 – #4). Aktifkan Turbo Mode agar kompi bekerja dengan lebih cepat.

gunakan program bernama CCleaner. Program ini berfungsi menghapus data-data yang “kurang” diperlukan yang biasanya memakan memori komputer. Seperti temporary files, unused icons, permasalahan registry, cache, cookies, dll.

Semoga tips ini bisa membantu anda mengatasi permasalahn pada komputer anda.

Sumber: http://blog.fastncheap.com/mengatasi-komputer-lelet/#ixzz1s7HOZPVT